Wild Fishing Adventure for the Prestigious and Rare Borneo Hampala Bimaculata

Pulau Kalimantan sebagai salah satu pulau tropis terbesar di dunia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Terkait potensi perairan tawar saja misalnya pulau ini memiliki beragam spesies predator endemik yang membuat banyak pemancing dari seluruh penjuru dunia terpesona. Spesies prestisius dari keluarga ikan mahseer, hampala, channa, wallago, bagarius dan lain sebagainya hidup di seluruh penjuru pulau baik di sungai dan danau dataran rendah hingga di sungai-sungai dataran tinggi yang menantang. Ditambah dengan keramahan dan kekayaan budaya masyarakatnya menjadikan Pulau Kalimantan adalah destinasi petualangan kesohor dunia sejak dahulu kala. Berpetualang memancing di Kalimantan adalah merayakan kekayaan dan keberagaman potensi yang wajib dilakukan oleh para pemancing setidaknya sekali dalam hidupnya.

Jack’s Vision Fishing Team telah berulang kali menjelajah Pulau Kalimantan mulai dari dataran rendah hingga ke kawasan pegunungan yang liar untuk memancing ikan-ikan bergengsi yang ada. Namun dalam petualangan terbaru kami ke pedalaman Kalimantan Barat kami melakukannya dengan cara yang sedikit berbeda. Biasanya petualangan mancing liar di pedalaman Kalimantan selalu dilakukan dengan drifting (berhanyut) di atas perahu. Pemancing melakukan casting secara massif ke titik-titik potensial di sungai atau danau sepanjang waktu dengan perahu terus berhanyut atau bergerak perlahan. Dengan misi sekalian menguji ketangguhan travel rod casting terbaru yang diproduksi oleh Jack’s Vision Indonesia kali ini kami melakukan jungle fishing on foot atau dengan berjalan kaki atau populer disebut dengan landbased fishing. Strategi ini memang berat dan jarang dilakukan tetapi merupakan cara terbaik untuk mengetahui kekuatan sebuah produk di alam liar karena beratnya medan yang ada di pedalaman. 

Target utama ekspedisi jungle fishing ini adalah ikan dari keluarga mahseer dan hampala utamanya ikan Hampala bimaculata (double dot hampala). Keduanya adalah spesies tangguh sungai arus deras (upper river) yang tidak mudah ditaklukan. Diperlukan peralatan memancing yang terbaik dan pemahaman dan penguasaan teknik wild fishing yang baik untuk mendapatkan ikan ini dalam kompleksitas hutan sungai hutan Kalimantan yang ada. Setelah didera beratnya medan dan perubahan cuaca yang ekstrim, Jack’s Vision Fishing Team berhasil mendapatkan ikan Hampala bimaculata berukuran besar sekaligus berhasil menguji ketangguhan travel casting rod Fortress dari Jack’slite by Jack’s Vision.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart0

Cart