Ekspedisi Mancing di Kepulauan Boo, Surga Tersembunyi di Papua

Jack’s Vision Fishing Team berhasil “memenangkan” kompetisi pencarian flats fishing ground terbaik di Asia setelah berhasil menguak potensi sebuah atol di Kepulauan Boo (Popa dalam bahasa setempat) di Raja Ampat, Papua. Eksplorasi kepulauan terpencil ini dilakukan secara live on board menggunakan kapal phinisi sebagai mother ship-nya, itupun masih harus didukung dengan ketangguhan fisik tim karena mobilitas tergantung pada kemampuan tim mengayuh paddle board di keluasan atol sembari menyesuaikan dengan arus pasang surut yang tidak bisa ditawar. Ikan-ikan prestisius seperti giant trevally (Caranx ignobilis), triggerfish  (Balistoides viridescens) dan bahkan “grey ghost” perairan dangkal paling dicari di dunia yang disebut bonefish (Albula vulpes) berhasil didapatkan. 

Kepulauan Boo atau Popa pada mulanya tidak dikenal di kalangan petualang mancing Indonesia dan apalagi para pemancing dari luar negeri. Hanya karena Jack’s Vision Fishing Team yang telah berulangkali menjelajah kawasan terpencil ini secara perlahan keindahan dan potensinya kemudian tampil menyeruak menyita perhatian dunia. Eksplorasi Kepulauan Boo memang bukan perkara mudah saking jauh dan luasnya kepulauan ini. Kemauan dan kemampuan fisik saja tidak cukup karena diperlukan kemampuan finansial yang mumpuni untuk melakukannya. Namun Kepulauan Boo adalah sebuah surga tersembunyi, siapapun yang mampu hadir disini, akan diganjar dengan once in a lifetime fishing experience. Semua teknik sportfishing diterapkan Jack’s Vision Fishing Team di sini antara lain fly fishing, light and heavy casting, dan top water fishing/popping dengan hasil yang luar biasa dan telah dikemas dalam sebuah fishing documentary berkelas dunia.

Pencapaian Jack’s Vision Fishing Team di Kepulauan Boo ini tidak dapat dipungkiri telah merubah peta destinasi mancing dunia dan memberi masa depan yang cerah pada usaha konservasi laut yang dilakukan masyarakat lokal selama ini dalam bentuk tradisi sasi. Hal ini sesuai dengan visi misi Jack’s Vision Indonesia agar olahraga memancing juga memberi kontribusi positif pada perkembangan industri mancing dalam negeri dan dunia pariwisata Indonesia. Hanya dengan dukungan semua pihak yang berkepentingan usaha kami mengembangkan olahraga mancing yang berkelanjutan (sustainable sportfishing) ini dapat terlaksana dengan baik. Let’s go!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart0

Cart